Adakah Manfaat Konsumsi Uritan Ayam

Uritan termasuk ke dalam salah satu jenis jeroan ayam. Ini adalah segerombolan telur yang gagal berkembang. Bentuknya sama seperti telur pada umumnya, tapi memiliki ukuran lebih kecil.

Uritan terdiri dari kuning telur (telur muda) dan tempat tumbuhnya telur mamahemat.com di dalam perut ayam yang bentuknya mirip seperti usus. Tapi memiliki ukuran lebih besar dan tebal.

Salah satu jenis jeroan ini mengandung vitamin A, B12, protein, zat besi, mineral, seng, lemak dan kolesterol. Beberapa kandungan tersebut bermanfaat baik, salah satunya menunjang sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Makan Jeroan Ayam
Membantu Pembentukan Sel Darah Putih
Uritan mengandung vitamin A guna meningkatkan produksi sel darah putih untuk menghasilkan antibodi. Bagian dari sistem kekebalan ini berfungsi untuk membasmi bakteri, virus, parasit dan jamur yang masuk ke dalam tubuh.

Sementara vitamin B12 berguna untuk membantu pembentukan sel darah merah yang sehat, mengoptimalkan fungsi saraf dan menunjang kesehatan kulit dan rambut.

Memproduksi Energi Tubuh
Manfaat ini terjadi berkat kandungan protein yang terkandung dalam uritan ayam. Selain memproduksi energi, protein juga dapat menunjang pembentukan otot dan jaringan pada tubuh.

Mencukupi kebutuhan protein memberikan efek kenyang lebih lama yang berdampak pada menurunnya berat badan. Kandungan ini juga efektif mencegah kerontokan rambut, menjaga kekuatan ibudanbalita.net tulang dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Menurunkan Peradangan pada Tubuh
Manfaat ini diambil dari kandungan zat besi dan seng dalam uritan. Keuntungannya tak sampai di situ saja, kedua kandungan tersebut juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh, menunjang fungsi kognitif dan meningkatkan kualitas tidur.

Melindungi Organ Tubuh dari Kerusakan
Uritan mengandung lemak yang berguna untuk melindungi organ tubuh dengan meningkatkan produksi sel dan hormon. Pada janin dan anak-anak, lemak dibutuhkan dalam pembentukan jaringan saraf dan otot.

Jenis jeroan ini juga mengandung kolesterol yang dapat membantu memproduksi vitamin D, membentuk asam empedu, menjaga fungsi otak dan membentuk hormon, khususnya hormon steroid.

Tubuh membutuhkan hormon steroid untuk mengatur proses metabolisme tubuh. Ini termasuk pembentukan glukosa dari asupan karbohidrat dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Bahaya Makan Jeroan Ayam Terlalu Banyak
Jeroan memang dapat menunjang kesehatan tubuh karena mengandung banyak nutrisi. Tapi, kamu tidak bisa mengonsumsi dalam jumlah yang tinggi karena berisiko menimbulkan gangguan kesehatan pada tubuh, antara lain:

1. Kadar Kolesterol Tinggi
Uritan termasuk ke dalam makanan bergizi, tapi mengandung tinggi kolesterol. Terlalu banyak mengonsumsinya bisa berdampak pada risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke.

2. Hemokromatosis
Ini adalah penyakit yang terjadi akibat kelebihan zat besi dalam tubuh. Gejalanya ditandai dengan lemas, nyeri pada sendi, sakit perut, menurunnya gairah seksual, kulit berubah warna jadi keabuan dan linglung.

3. Memicu Obesitas
Obesitas terjadi akibat menumpuknya lemak dan kolesterol berlebihan di dalam tubuh. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko gangguan berbahaya, termasuk penyakit jantung, hipertensi dan diabetes.

Meski menyehatkan karena mengandung banyak nutrisi penting, asupan jeroan juga perlu dibatasi untuk meminimalisir risiko gangguan kesehatan. Jika kamu mengalami keluhan setelah mengonsumsinya, segera tanya dokter untuk melakukan perawatan.

Leave a Reply

Email của bạn sẽ không được hiển thị công khai.